• Pura Tanah Lot
  • Wisata Naik Gajah

Alam yang indah, budaya, adat serta tradisi yang dimiliki Bali membuat pulau kecil ini menjadi populer, beragam objek wisata dapat anda kunjungi selama liburan ke pulau ini, salah satu tempat yang sangat menarik adalah Danau Buyan, walaupun tempat ini belum begitu populer ditelinga wisatawan, keindahannya bisa disejajarkan dengan Danau Beratan Bedugul maupun Batur. Terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, membuat tempat ini berhawa sejuk bahkan cenderung dingin, berlokasi di desa Pancasari, Sukasada, Kab. Buleleng, sekitar 21 km sebelah Selatan kota Singaraja.

Jika dalam perjalanan tour, wisatawan lebih cenderung berkunjung ke Danau Beratan Bedugul, karena lokasinya di pinggir jalan raya utama, sedangkan Danau Buyan letaknya tidak begitu jauh dari tempat ini, hanya sekitar 3 km di sebelah utaranya melintasi jalan pedesaan, yang dipenuhi kebun-kebun strawberry. Sebenarnya ada tiga buah Kaldera di kawasan ini yaitu Beratan yang paling populer terletak di sebelah timurnya, kemudian Tamblingan di sebelah baratnya dan Buyan di tengah-tengahnya. Keindahannya memang layak menduduki peta objek wisata di Bali dan patut anda kunjungi.

 Danau Buyan memang benar-benar alami terletak berdampingan dengan Tamblingan sehingga keduanya disebut danau kembar , belum tersentuh oleh tangan-tangan investor, bahkan aktifitas di kawasan ini mengedepankan kearifan lokal, perahu-perahu nelayan masih tradisional, tidak ada aktifitas watersport seperti jetski seperti di Beratan. Inilah yang menyebabkan kealamian kawasan ini semakin terasa, suasana lebih sepi, tenang, sejuk dan damai, keindahan danau serta lembah-lembah yang dipenuhi oleh pohon-pohon tropis, sanggup menenggelamkan segala kejenuhan, serta kepenatan dari acara rutinitas.

Diantara 3 kaldera di kawasan ini Buyan adalah paling terluas dibandingkan danau Tamblinganataupun Beratan, akses ke lokasi juga cukup mudah, sehingga berbagai aktifitas bisa anda lakukan di sini, seperti wisata tour keliling melihat keindahan danau, sewa perahu tradisional, sambil memancing. Aktifitas yang paling menarik adalah adanya tempat untuk melakukan perkemahan, terdapat sebuah tempat lapang dengan pohon-pohon perindang yang menjulang tinggi, sehingga anda bisa mendirikan tenda tempat berkemah, kalau tidak bawa sendiri tenda bisa sewa di lokasi. Untuk kayu bakar keperluan api unggun menghangatkan diri ataupun memasak bisa dibeli dengan mudah di penduduk setempat. Jika ingin aktifitas petualangan, bukit di belakang tempat perkemahan ini bisa untuk trekking, baik berjalan kaki ataupun menggunakan sepeda motor.

 

 Di Bali dalam tatanan kehidupan beragama, air yang terkumpul sehingga membentuk sebuah danau, akan menjadi tempat yang disucikan, karena tempat tersebut sebagai lambang kemakmuran dan kesejahteraan, maka untuk itu dibuatkan sebuah tempat suci untuk tempat persembahyangan, maka untuk itu di Danau Buyan ini sendiri ada sebuah Pura Ulun Danu di sebelah sisi Utara, letaknya di empat agak tinggi. Di tepian juga ada sebuah wantilan besar untuk tempat bersantai pengunjung, menikmati keindahan alam sekitarnya, bisa sambil memancing baik bawa sendiri maupun sewa di tempat.

Sebagai objek wisata tempat ini memang layak dimasukkan dalam agenda tour saat berkunjung ke jalur Utara, namaun pihak travel agent jarang memasukkan agendanya ke tempat ini, sehingga wisatawan yang berkunjung ke Danau Buyan mereka datang sendiri dengan sewa mobil, dan minta penduduk lokal untuk penunjuk jalan. Namun di tempat kami memang belum ada program berkunjung ke tempat ini, namun anda bisa sewa mobil dengan supir, sehingga supir kami bisa mengantarkan tempat-tempat yang anda inginkan.